Sebagai salah satu tempat keluarnya keringat, ketiak rentan menjadi tempat yang lembab dan basah. Hal ini menyebabkan gangguan gatal pada kulit ketiak.

Gatal pada bagian kulit ini umumnya dirasakan pada siang hari ketika tubuh mengeluarkan sisa metaboisme berupa keringat yang terus berkucuran.

Kulit ketiak yang sangat gatal membuat tidak tahan untuk menggaruknya. Apalagi keadaan ini terjadi di tempat umum. Tentunya akan menjadi dilema yang besar. Penyebab kulit ketiak yang gatal adalah radang. Radang pada kulit ini dapat disebabkan oleh:

1. Penggunaan deodoran yang tidak cocok.
2. Penggunaan produk pencukur atau penghilang bulu ketiak.
3. Infeksi kulit saat mencukur bulu ketiak.
4. Jenis bahan pakaian tertentu.
5. Bakteri yang tersumbat karena pori-pori tertutup oleh kotoran.
6. Penggunaan obat tertentu.
7. Gesekan dengan pakaian ketat. Infeksi yang berkembang karena gesekan adalah kandidiasis atau infeksi jamur.

Penyebab lain dari gatal pada kulit ketiak adalah timbulnya benjolan yang dapat berupa jerawat akibat iritasi dari mencukur bulu ketiak. Hai ini juga dapat disebabkan karena faktor hormon saat siklus menstruasi. Kulit ketiak juga memproduksi minyak sehingga pori-pori yang tertutup dapat menyebabkan jerawat yang gatal dan nyeri.

Selain jerawat, benjolan di ketiak yang dapat menyebabkan rasa gatal adalah infeksi bakteri dan virus terhadap keringat yang berlebihan.

Gatal pada kulit ketiak dapat dicegah dengan membersihkan area ketiak dengan cara mandi, menggunakan pakaian yang longgar dan berbahan katun, serta hindari pemakaian dodorant yang berlebih.

Ketika sudah terjadi gatal pada ketiak sebaiknya menggunakan cara menghilangkan gatal dengan minum antibiotik (CTM) secara teratur 3 x sehari, oleskan salep kulit sesuai anjuran dokter, meredakan iritasi dengan mengkonsumsi ahistamin dan mandi atau merendam dengan air hangat.

Setelah mengetahui penyebab gatal pada ketiak, Anda dapat melakukan cara pencegahan gatalnya kulit ketiak yang telah disebutkan.

Sehingga ketika berinteraksi dengan teman maupun kolega Anda dengan penuh percaya diri ketika harus mengangkat tangan dan dapat memperkuat hubungan relasi.

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!